35 Ucapan Belasungkawa, Tunjukkan Keprihatinan & Turut Berduka Cita

Kehilangan seseorang yang dekat dan tersayang adalah rasa sakit tersendiri. Rasa kehilangan memang tidak mudah untuk dilupakan tapi tetap harus dimaafkan.

Namun bagi kita yang tidak merasakannya, mungkin kita hanya bisa menyampaikan belasungkawa sambil menyemangati mereka.

Belasungkawa hanyalah kata-kata biasa. Namun dampaknya bisa membuat orang yang berduka merasa lebih kuat karena dukungan yang diberikan.

Dukungan dan doa yang diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan menjadi sumber semangat bagi mereka.

Untuk itu, ucapan belasungkawa harus disampaikan kepada seseorang yang sedang berduka. Namun jika Anda bingung harus berkata apa, mungkin beberapa ucapan belasungkawa ini bisa Anda tiru.

Baca juga: 45 Kata Mellow Yang Bikin Ngintip, Cocok Saat Sedang Kesal & Sedih

(foto: pexels/pixabay)

1. “Allah tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Jadi, tetap tegar untuk kepergiannya karena semua akan indah pada waktunya.”

2. “Mohon maaf atas kehilanganmu. Doakan kebaikannya dan berusahalah agar kamu bisa ikhlas dan menerima ketentuan Tuhan dengan sabar. Aku di sini untuk menguatkanmu.”

3. “Semoga kita semua bisa mengambil contoh kebaikan yang telah dilakukan almarhum selama hidupnya. Kami hanya menyimpan semua hal buruk dari almarhum selama kami masih hidup, dan tidak perlu mengungkitnya lagi.”

4. “Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya atas apa yang telah terjadi. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kedamaian untuk melalui semua ini.”

5. “Kami turut berduka cita atas kepergiannya. Semoga kematiannya membuat Anda lebih kuat dalam hidup, tidak merusak persaudaraan dan kekeluargaan, dan meningkatkan amal baik sebagai bekal untuk menunggu kematian.”

6. “Saya juga sedih mendengar berita kehilangan mendadak ini. Semoga almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Allah. ”

7. “Selamat tinggal sahabat sejatiku, aku sahabat sejatimu, aku hanya bisa mendoakanmu dari sini. Saya berharap semua doa saya untuk Anda didengar dan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dan semoga Tuhan menempatkanmu di tempat terbaik.”

8. “Juga berduka atas meninggalnya kerabat Anda. Semoga almarhum beristirahat dengan tenang. Semoga Allah memberikan kekuatan dan penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan. ”

9. “Semua orang merindukannya dan kami semua merindukannya, kami mendoakan yang terbaik untuknya.”

10. “Kalah itu sulit. Semoga kamu tidak bersedih terlalu lama dan menyadari bahwa semuanya pasti akan kembali kepada-Nya.”

30 Belasungkawa, Tunjukkan Kepedulian

(foto: pexels/cottonbro)

11. “Juga duka yang mendalam untuknya, semoga Surga ditetapkan untuknya.”

12. “Almarhum (nama) adalah orang yang baik. Saya sangat berduka atas meninggalnya (nama).”

13. “Saya juga sangat sedih. Semoga Anda dan keluarga selalu diberkati Tuhan dengan damai. ”

14. “Semangat tidak perlu sedih lagi, dia tenang disana, semangatmu bahagia, dia pasti bahagia, jangan lupa untuk selalu mengirimkan doa untuknya – Juga Berduka.”

15. “Tidak ada yang bisa memahami beratnya putus cinta, apalagi putus cinta seperti ini. Belasungkawa terdalam saya untuk Anda dan keluarga Anda. Semoga Anda diberi ketabahan dan ketulusan untuk melewati masa-masa sulit ini.”

16. “Innalillahi wainna ilaihi raji’un. Turut berduka cita untuk seluruh ahli waris yang telah mendapat ujian dari Tuhan yaitu kembalinya mendiang/almarhum ke hadirat Tuhan. (Innalillahi wainna ilaihi raji’un. Turut berduka cita atas ahli waris yang mendapat cobaan dari Allah atas kepergian almarhum/almarhum kembali kepada-Nya)

17. Turut berduka cita untuk kerabat yang terlihat, semoga keluarga bisa tabah dan ikhlas menerima cobaan yang Tuhan berikan. (Turut berduka cita untuk semua keluarga yang ditinggalkan, semoga keluarga bisa tabah dan ikhlas menerima cobaan dari Tuhan)

18. “Innalillahi wainna ilaihi raji’un, turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa ikhlas dan menerima dengan tangan terbuka. (Innalillahi wainna ilaihi raji’un, turut berduka cita, semoga keluarga yang ditinggalkan ikhlas dan menerima dengan lapang dada)

19. “Dunia hanya mengarah pada kematian jiwa. Tapi amal menarik orang ke pintu gerbang surga Tuhan. (Dunia hanya membawa pada hilangnya nyawa. Namun, sedekah membawa manusia ke surga Tuhan)

20. “Dengan belasungkawa, semoga arwahnya diterima di hadirat Tuhan.” (Turut berduka cita, semoga arwahnya diterima oleh Allah)

30 Belasungkawa, Tunjukkan Kepedulian

(kredit foto: pexels/lukasrychvalsky)

21. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Berduka atas apa yang telah terjadi, hadapi yang terbaik dan semoga kamu kuat menjalani semua ini. Kami sebagai keluarga besar turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya. ”

22. “Semoga Tuhan mengasihanimu dan menambah keteguhan hatimu. Tulus dengan dada terbuka, semoga almarhum diterima oleh sang pencipta. “

23. “Inna lillahi wainna ilaihi rojiun, segala sesuatu yang hidup pasti akan kembali kepada-Nya. Bersabarlah dengan apa yang terjadi padamu, kawan. Yakinlah ada hikmah dibalik semua ini. ”

24. “Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Ya Allah, ampunilah temanku, cintai dia, beri dia kekuatan, maafkan dia, dan tempatkan dia di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburnya, mandikan dia dengan salju dan air es. ”

25. “Allahummaghfirlaha warhamha wa’aafihi wa’fu’anha (jika yang meninggal perempuan). Kamu adalah teman terbaikku. Selamat tinggal. Semoga suatu saat kamu ditempatkan di surga-Nya yang terindah. Amin.”

26. “Sesungguhnya kita adalah milik Allah SWT dan kepada-Nya kita kembali. Turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Dan yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan. Amin.”

27. “Semoga dijelaskan kuburnya, diterima ibadahnya, diampuni dosa-dosanya, dan diteladani kebaikannya. Dia dipanggil oleh Tuhan terlebih dahulu, karena Tuhan mencintainya. Kesedihan kita tidak sebanding dengan kasih-Nya. ”

28. “Rezeki, jodoh dan umur sudah ditentukan oleh Allah, marilah kita ikhlas dan membuka hati terhadap segala rezeki. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman. ”

29. “Ya Allah, ampunilah dia dan kasihanilah dia, lindungi dia dari beberapa hal yang tidak dia sukai di alam sana. Maafkan dia dan tempatkan dia di tempat terbaik. Bersihkan kuburannya dan mandikan dia dengan salju dan air es. Bersihkan dia dari semua kesalahan yang telah dia lakukan. ”

30. “Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu’anhu (jika yang meninggal adalah laki-laki). Ya Allah ampunilah dosa sahabatku, cintailah dia. Selamatkan dia dari siksa kubur. Biarkan mereka tinggal di surga Anda. ”

30 Belasungkawa, Tunjukkan Kepedulian

(foto: pexels/minan)

31. “Semoga hati dan jiwa almarhum (nama) menemukan kedamaian dan kenyamanan.”

32. “Kabar meninggalnya (nama) sangat menyedihkan. Semoga Anda dan keluarga diberikan ketabahan.”

33. “Almarhum (nama) adalah orang yang baik. Saya sangat berduka atas meninggalnya (nama).”

34. “Saya mengungkapkan kesedihan mendalam saya atas meninggalnya (nama) almarhum.”

35. “Semoga almarhum (nama) menemukan kedamaian surga.”

Baca Juga: 40 Kata Sindiran Untuk Pacar, Auto Salting

Turut berduka cita bisa memberikan energi bagi siapa saja yang merasa kehilangan. Katakan dengan tulus sehingga mencapai hatinya.