Kata-Kata Motivasi yang Bisa Bikin Hati Kamu Teguh Kembali

Anda mungkin sering khawatir dan kehilangan arah. Saya tidak tahu langkah mana yang harus Anda ambil. Apalagi hati yang masih sering fluktuatif. Membuat diri ini semakin tersiksa di dalam.

Tersenyumlah, tidak ada kekuatan yang lebih besar dari Allah SWT. Yuk, baca kata kata motivasi di bawah ini agar hatimu kuat kembali.

Baca juga: Siramlah hatimu dengan kata kata motivasi islami

1. Ibu dari segala moral

“Ibu dari semua moral adalah tempat kebijaksanaan, keberanian, kemurnian dan keadilan.” -Imam Al Ghazali.

Moral yang baik, mencakup semuanya. Kebijaksanaan, keberanian, kesucian, dan keadilan. Seperti seorang ibu yang akan melahirkan keutamaan lainnya.

2. Kuasai mata

“Orang yang tidak mengontrol matanya, hatinya tidak ternilai harganya.” -Ali bin Abi Thalib.

Dari mata ke hati. Jika mata mudah ditipu, maka hati seolah tak lagi dibutuhkan. Mata melihat hal-hal baik, membeli atau bahkan mencuri.

Mata melihat seseorang yang cantik, melirik. Lantas, bagaimana hati bisa mengendalikan nafsu terhadap diri sendiri?

3. Buang durinya

“Pekerjaan seorang guru tidak berubah seperti seorang petani yang selalu mencabut duri dan mencabut rumput yang tumbuh di antara tanamannya.” -Abu Hamid Al-Ghazali.

Artinya, mereka sama-sama menanam kebaikan dan berusaha melindunginya. Jika guru menanam kebaikan kepada murid-muridnya, maka petani menanamnya di ladangnya.

Mereka selalu menjaga segala gangguan agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Guru ingin siswanya menjadi orang baik, petani ingin hasil yang baik.

4. Ayam jantan

“Jangan sampai ayam jago lebih pintar darimu. Dia berkokok saat fajar, saat kamu masih tertidur lelap.” -Lukman Hakim.

Ada banyak godaan untuk bangun pagi. Dari suhu dingin, mengantuk. Seolah kalah dengan ayam jantan yang rutin berkokok setiap pagi. Apalagi perintah shalat subuh yang wajib dikerjakan.

(foto: pixabay / damesophie)

5. Singa yang pendiam

“Apakah kamu tidak melihat bahwa singa diam tetapi masih ketakutan, sementara anjing menggonggong terus-menerus dan dihina?” -Imam Syafi’i.

Artinya, lebih baik diam. Orang yang diam terkadang lebih dihormati daripada orang yang terus berbicara tetapi tidak tahu apa yang mereka bicarakan.

6. Nafsu

“Nafsu bisa mengubah seorang raja menjadi budak. Sedangkan kesabaran bisa menjadikan budak menjadi raja.” -Imam Ghazali.

Artinya, kesabaran akan membuat derajat kita terangkat. Karena dia bisa mengendalikan nafsunya. Selalu bersabar dalam tindakan Anda dan jangan ikuti hawa nafsu Anda.

7. Orang terkaya

“Orang yang paling kaya adalah orang yang menerima bagian (takdir) dari Allah dengan senang hati.” – Anonim.

Jika Anda berpikir bahwa menjadi kaya adalah harta karun, maka Anda salah besar. Dialah yang selalu menerima takdir dengan senang hati. Dia bebas dari penyakit kecemburuan dan kecemburuan, tidak terpengaruh oleh kehidupan orang lain.

Baca juga: Kata Kata Bijak Islami, Atur Hatimu Agar Hidupmu Berkah Nanti

8. Api yang menyala-nyala

“Jangan biarkan api menyala di rumahmu saat kamu tidur – Bukhari.

Artinya, selesaikan dulu masalahnya. Jangan biarkan masalah berlarut-larut. Jika sudah dewasa, maka itu akan berbahaya.

9. Penjara

“Ketidakjujuran adalah penjara, yang membuat diri dicekam rasa takut terbongkar, mudah dibohongi, nikmat apapun tidak akan dinikmati, maka jujur ​​itu hidup bebas”

Orang yang tidak jujur ​​tidak akan hidup damai. Seolah-olah di penjara dengan ketakutan. Tidak pernah merasakan hati yang bebas. Selalu ada beban.

Orang terkuat bukanlah pegulat.  Tapi, orang yang bisa mengendalikan dirinya saat marah

(foto: pixabay/scottwebb)

10. Orang yang kuat

“Orang terkuat bukanlah pegulat. Tapi, orang yang bisa mengendalikan dirinya saat marah.” -Hadits al-Bukhari.

Artinya, pertempuran yang sebenarnya adalah melawan diri sendiri. Melawan segala ego agar tidak menjadi budak nafsu.

11. Hati mudah goyah

“Perumpamaan hati itu seperti sehelai bulu di tengah gurun yang terombang-ambing ditiup angin.” – SDM. Ibnu Majah.

Hanya kepada Allah SWT kita bergantung untuk diberikan istiqomah. Tuhan adalah satu-satunya Wujud yang mampu mengubah hati.

12. Cintai dunia

“Ketika cinta dunia masuk ke dalam hati, ketakutan akan akhirat akan keluar darinya.” -Hasan al-Bashri.

Cinta dunia adalah penyakit hati. Sekali diserang, sulit disembuhkan. Orang yang terjangkit penyakit ini hanya berpikir bagaimana hidup layak di dunia. Saya tidak tahu bagaimana cara menabung untuk akhirat.

13. Dzat Maha Pencipta

“Dia yang menciptakan mata nyamuk adalah Dia yang menciptakan matahari.” – Bediuzzaman Said Nursi.

Dia adalah Sang Pencipta. Allah SWT menciptakan alam semesta beserta isinya, dari yang terbesar sampai yang terkecil.

14. Dzikir

Deburan ombak yang tak henti-hentinya merupakan tanda dzikir kepada Sang Pencipta. Bagaimana dengan kita? – Anonim.

Tahukah kamu, setiap makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT selalu berdzikir? Terkadang, manusia justru lupa mengingat kekuatan.

15. Gerhana

“Gerhana matahari lebih baik daripada gerhana hati nurani. Gerhana bulan masih lebih baik daripada gerhana pikiran. Sedangkan gerhana nafsu adalah keselamatan bagimu.” – Anonim.

Orang yang bisa mengendalikan hawa nafsunya akan selamat. Hati nurani, akal dan nafsu. Akan lebih baik jika mereka dikendalikan secara seimbang.

Hati mungkin bergoyang. Membuktikan betapa rapuhnya kita tanpa Allah SWT. Semoga kata kata motivasi islami ini, dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita. Amin. Terima kasih.