Kata-Kata dari Ulama yang Bisa Buat Kamu Semangat dan Termotivasi

Sebagai seorang Muslim, kita harus percaya pada semua ajaran Islam. Berusaha menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Ada banyak cara untuk mengetahui ajaran Islam. Salah satunya melalui ulama.

Ulama yang artinya orang yang berilmu. Setiap perkataan dan perbuatan adalah pedoman. Bimbingan dalam langkah kehidupan, memotivasi untuk tetap semangat berbuat baik. Di bawah ini adalah kata-kata ulama yang dapat memotivasi.

Baca juga: Kata Kata Bahagia Jomblo Buat Kalian Yang Masih Sendiri

1. Harus dengan ilmu

“Barang siapa yang menginginkan kehidupan dunia, maka harus disertai dengan ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat, harus juga memiliki ilmu.” -Imam Syafi’i.

Artinya, Anda harus mencari ilmu untuk kebaikan dunia dan akhirat. Ilmu untuk bisa hidup nyaman di dunia dan juga ilmu untuk menabung di akhirat.

2. Bosan belajar

“Jika kamu tidak tahan dengan lelahnya belajar, maka kamu akan menanggung bahaya kebodohan.” -Imam Syafi’i.

Artinya, Anda harus semangat dalam mencari ilmu. Jika tidak, Anda akan menjadi bodoh. Anda akan jatuh ke dalam bahaya karena kebodohan. Oleh karena itu, kamu harus menahan lelahnya belajar demi kehidupan yang baik.

3. Berkelana

“Orang yang berilmu dan beradab, tidak akan tinggal di kampung halamannya, meninggalkan negerinya, merantau ke negeri orang.” -Imam Syafi’i.

Berkelana mencari ilmu, mencari kehidupan yang lebih baik. Ada banyak pengetahuan di luar sana.

4. Sholat tahajud

Sholat tahajud itu seperti anak panah yang melesat tepat ke sasaran. -Imam Syafi’i.

Artinya, jika Anda menginginkan sesuatu, berdoalah saat tahajud. Sholat pada saat tahjjud akan langsung sampai kepada Allah. Allah akan mengabulkan doa orang yang melakukan tahajud.

(foto: pixabay / Hans)

5. Diameter

“Jadikan diam sebagai sarana bicaramu, dan tentukan sikapmu dengan berpikir.” -Imam Syafi’i.

Artinya, diam untuk memperhatikan semua masalah. Pikirkan baik-baik sebelum mengambil keputusan.

6. Jangan menyerah

“Jangan menyerah, karena menyerah adalah pengkhianat.” – Syekh Ahmad Karimah.

Teruslah berjuang, jangan menyerah. Pegang teguh apa yang Anda yakini. Jika Anda menyerah, itu sama saja dengan mengkhianati apa yang Anda yakini.

7. Harus dermawan dan bekerja

“Manusia harus beramal dan bekerja. Jangan hanya duduk. Jangan takut berbuat salah, karena kesalahan akan terhapus dengan istighfar.” – Syekh Ied Abdul Hamid Isa.

Artinya, manusia harus bergerak. Cobalah hal-hal baru dengan amal dan pekerjaan. Ketika salah, ingatlah untuk membaca istighfar agar diampuni.

8. Jangan tunda

“Jangan menahan diri untuk berbuat baik. Lakukan sebelum kematian mengajak. Orang yang tidak berbuat baik akan menyesal di akhirat dan meminta untuk dikembalikan ke dunia fana.” – Syekh Ied Abdul Hamid Isa.

Manusia harus terus berbuat baik, sebelum maut menyerang. Seseorang tidak pernah tahu kapan kematian akan datang. Ketika kematian datang, Anda akan menyesal tidak berbuat baik dalam hidup.

Baca juga: Kata Kata Romantis Untuk Memotret Kekasih Anda

9. Carilah ilmu

“Mencari ilmu itu butuh usia Nabi Nuh, kesabaran Nabi Ayub, dan harta karun Qarun. Intinya butuh waktu yang lama, kesabaran yang luar biasa, dan harta yang banyak”. Syekh Fathi al-Hijazi.

Mencari ilmu membutuhkan mentalitas yang luar biasa. Waktu, kesabaran dan harta harus disiapkan. Sehingga ilmunya bisa bermanfaat nantinya.

Lebih baik kamu membaca satu kitab dan istiqomah untuk menghabiskan dan menjelajahinya, daripada kamu punya banyak buku tapi tidak kamu baca

(Foto: pixabay / DreamyArt)

10. Baca buku

“Lebih baik kamu membaca satu kitab dan istiqomah untuk dibelanjakan dan dijelajahi, daripada kamu punya banyak buku tapi tidak kamu baca.” – Syekh Hisyam Kamil.

Artinya, perlu istiqomah dalam membaca buku. Memiliki sifat tabbayun dalam buku-buku, sehingga mampu mendalami dan membiasakan diri memahaminya secara menyeluruh.

11. Pahala dari kesabaran

“Jika Allah menunjukkan pahala kesabaran, pasti banyak orang berlomba-lomba mendekati ujian.” -Habib Umar bin Hafidz.

Banyak orang yang tidak sabar dengan sebuah proses. Ingin dikabulkan semua permintaan. Namun, ada banyak hadiah untuk kesabaran. Jika disiarkan, mereka pasti akan tergiur dengan hadiah dan berusaha menjadi yang paling sabar.

12. Kehidupan yang baik

“Hidup yang baik tidak berarti banyak kekayaan.” -Habib Umar bin Hafidz.

Hidup yang baik bukanlah seberapa banyak kekayaan yang Anda miliki. Namun, seberapa baik telah dipraktekkan. Sehingga kebaikan itu bisa menjadi tabungan di akhirat.

13. Pada dasarnya cinta

“Sumber segala kebaikan dalam hidup ini dan yang akan datang adalah iman dan amal shaleh. Dan dasar dari keduanya adalah cinta. -Habib Umar bin Hafidz.

Jika seseorang dipenuhi dengan cinta, maka akan mudah baginya untuk melakukan semua perbuatan baik di dunia dan di akhirat. Dari cinta, dia akan percaya dan mereka yang percaya akan melakukan kebaikan dengan ringan.

14. Kuat

“Seorang hamba yang lemah jika ikatannya dengan Allah kuat, maka hamba yang lemah akan kuat” -Habib Umar bin Hafidz.

Tidak apa-apa untuk dianggap sebagai manusia yang lemah. Manusia pada dasarnya lemah, itu adalah iman kepada Tuhan yang membuatnya kuat.

15. Lisan

“Mulut adalah gambaran hati. Maka jadilah dirimu sendiri sebagai orang yang memiliki mulut yang jujur, hati yang murni.” -Habib Umar bin Hafidz.

Hati yang bersih, lidahnya akan mengatakan hal-hal yang baik. Jadi seharusnya begitu. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan hati Anda agar lidah Anda tidak menyakiti Anda.

Kebaikan itu universal. Terkadang Anda sangat membutuhkan motivasi untuk berbuat baik. Untuk selalu berada di jalan yang benar.

Kata kata ulama motivasi ini semoga bermanfaat. Semoga bisa mengamalkan dan menjaga kita tetap di jalan kebenaran.