Intip Kata-Kata Motivasi Bill Gates Agar Kamu Ikutan Sukses

Jalan hidup memang tidak mudah. Ada banyak kendala untuk mencapai kesuksesan. Namun, bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Bill Gates, salah satu orang terkaya yang mendirikan Microsoft juga mengalami pasang surut dalam bisnisnya. Sering berbagi kata kata motivasi untuk sukses. Apa kata-katanya? Silakan baca di bawah ini.

Baca juga: Kata-kata Ini Mencerminkan Hikmah Menjadi Guru

1. Jangan Bandingkan

“Jangan bandingkan dirimu dengan siapa pun di dunia ini, jika kamu melakukannya, kamu menghina dirimu sendiri.”

Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing. Punya waktu sendiri untuk sukses. Jadi jangan bandingkan dirimu dengan orang lain.

Anda memiliki jalan Anda sendiri untuk sukses. Jadi, tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

2. Sabar

“Kesabaran adalah elemen kunci kesuksesan.”

Untuk mencapai kesuksesan membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Tidak ada kesuksesan tanpa kesabaran.

3. Perhatikan kegagalan

“Tidak apa-apa untuk merayakan kesuksesan tetapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran dari kegagalan.”

Seperti pengalaman adalah guru terbaik. Oleh karena itu kita harus belajar dari pengalaman bagaimana kita bisa gagal agar tidak terulang kembali.

4. Risiko besar

“Untuk menang besar, terkadang Anda harus mengambil risiko besar.”

Setiap keputusan memiliki resiko. Semakin besar resikonya maka semakin besar pula kemenangan yang akan didapatkan.

5. Guru yang malang

“Sukses adalah guru yang buruk. Ini menggoda orang pintar untuk berpikir bahwa mereka tidak akan rugi apa-apa.”

Terkadang Anda tertipu oleh kisah sukses. Seolah-olah ketika Anda pintar Anda akan mendapatkannya dengan cara yang mudah. Namun, Anda juga harus tahu berapa kali mereka gagal sebelum akhirnya berhasil.

(foto: pixabay/Free-Photos)

6. Meninggal dalam keadaan miskin

“Jika Anda terlahir miskin, itu bukan salah Anda, tetapi jika Anda mati miskin, itu salah Anda.”

Terlahir miskin adalah takdir, tetapi jika Anda tidak dapat mengubah takdir Anda sampai terakhir kali, itu berarti ada sesuatu yang salah dalam hidup Anda.

7. Gagal dalam mata pelajaran

“Saya gagal beberapa mata pelajaran selama ujian, tetapi teman saya lulus semuanya. Sekarang dia adalah seorang insinyur di Microsoft dan saya adalah pemilik Microsoft.”

Artinya, tidak perlu bersedih jika gagal dalam suatu mata pelajaran karena keberhasilan tidak ditentukan oleh nilai mata pelajaran tersebut melainkan kerja keras.

Baca juga: Ucapan Selamat Hari Guru Nasional

8. Kutu buku

“Bersikap baiklah kepada para kutu buku. Mungkin suatu hari Anda akan bekerja untuk salah satu dari mereka.”

Anda tidak pernah bisa memprediksi masa depan. Siapa tahu, geek yang Anda anggap remeh benar-benar akan mempekerjakan Anda di masa depan.

9. Kegagalan

“Jika kamu gagal, itu bukan kesalahan orang tuamu, jadi jangan mengeluh tentang kesalahanmu, belajarlah dari mereka.”

Seperti bukan salah ibu kalau dia hamil. Hanya Anda yang harus memperbaiki diri dari kesalahan yang akan membawa Anda menuju kesuksesan.

10. Membuatnya terlihat bagus

“Jika kamu tidak bisa membuatnya bagus, setidaknya buatlah terlihat bagus.”

Intinya lakukan yang terbaik. Yakinkan orang lain tentang kemampuan Anda. Percaya pada diri sendiri pada kemampuan Anda.

11. Masa depan adalah yang terpenting

“Masa depan adalah yang paling penting; itu sebabnya saya tidak terlalu sering melihat ke belakang. “

Masa lalu sudah berlalu, lebih bijaksana memikirkan masa depan. Fokus pada masa depan, jangan mengingat masa lalu. Tanyakan pada diri Anda apa yang akan Anda hasilkan di masa depan?

Jika menurutmu gurumu sangat ketat, tunggu sampai kamu mendapatkan bos

(foto: unsplash/sharonmccutcheon)

12. Guru yang keras

“Jika menurutmu gurumu sangat ketat, tunggu sampai kamu mendapatkan bos.”

Ketika Anda masih seorang siswa, Anda pasti pernah mengeluh bahwa guru itu kejam. Banyak tugas, dan sebagainya. Namun, Anda tidak akan pernah berpikir apa yang akan terjadi jika Anda memiliki bos yang tangguh? Apakah Anda siap secara mental?

13. Tetap semangat

“Mempertahankan fokus adalah kunci sukses. Anda harus memahami bidang kompetensi Anda, keterampilan Anda, dan menghabiskan waktu dan energi Anda di sana.”

Setiap orang memiliki kekuatan dan tugas Anda hanyalah mengasahnya. Fokus pada kemampuan Anda untuk menjadi seorang profesional dan di jalan menuju kesuksesan.

14. Dunia tidak akan peduli

“Dunia tidak akan peduli dengan harga dirimu. Dunia akan mengharapkan Anda untuk mencapai sesuatu sebelum Anda merasa baik tentang diri Anda sendiri.”

Banyak yang bilang, dunia ini kejam. Jika Anda santai, dunia akan kejam kepada Anda tidak peduli apa yang Anda lakukan. Dunia terus berputar dan berubah. Dia terus bergerak maju, apakah Anda melakukan sesuatu atau tidak.

15. Punya uang

“Jika Anda punya banyak uang, hanya Anda yang lupa siapa diri Anda. Tetapi jika Anda tidak punya uang sama sekali, dunia akan melupakan Anda. Itulah hidup.”

Artinya ketika Anda punya uang, mungkin Anda akan begitu terlena dengan kehidupan baru sehingga Anda lupa siapa diri Anda sebenarnya.

Di sisi lain, dunia akan mencatat orang-orang yang berpengaruh dan memiliki banyak uang. Jika Anda santai, jangan bergerak, dunia tidak akan mengenali Anda.

Jadi, tetap semangat dalam meraih kesuksesan. Setiap orang mengambil jalan mereka sendiri untuk sukses. Semoga kata kata motivasi Bill Gates bisa membuat anda semakin semangat. Semoga bermanfaat.