40 Kata Bijak Mutiara Jack Ma yang Bikin Semangat & Termotivasi

Siapa yang tidak mengenal sosok Jack Ma. Miliarder asal China ini punya kisah sukses yang menginspirasi banyak orang.

Siapa sangka dia hanya seorang guru bahasa Inggris di negaranya. Sebelum menjadi guru, ia sendiri pernah mendaftar untuk bekerja di banyak perusahaan.

Terus ditolak akhirnya membuat Jack Ma memanfaatkan keahliannya dalam berbicara bahasa Inggris. Kemampuannya telah diasah sejak lama. Saat itu dari usia 12 hingga 20 tahun ia sering bermain di hotel dekat rumahnya.

Di sana ia bertemu banyak turis. Hal itu dilakukannya karena malas belajar di rumah. Ia sendiri bukanlah sosok yang pintar di sekolah.

Selama delapan tahun bersama para turis ternyata mengubah pandangan hidupnya. Jack Ma merasa apa yang diceritakan turis tentang kondisi dunia berbeda dengan apa yang diterimanya di sekolah dan apa yang dipikirkan orang Tionghoa saat itu.

Akhirnya ia mulai banyak belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan teknologi. Ia merasa China juga membutuhkan pengetahuan tentang teknologi agar lebih maju sehingga seperti turis yang ia temui saat kecil.

Akhirnya Jack Ma pertama kali menggunakan dan mempelajari internet pada tahun 1995. Saat itu dia sedang mencari kata beer dan bahasa Mandarin di internet namun tidak menemukannya.

Karena penasaran, ia juga membuat halaman situs web untuk membantu menerjemahkan situs web tersebut ke dalam bahasa Mandarin sehingga orang Tionghoa dapat membacanya.

Siapa sangka situs tersebut berhasil karena ternyata banyak orang yang membutuhkan jasa tersebut. Akhirnya empat tahun kemudian ia mulai mengembangkan bisnis Alibaba Group.

Saat ini, Alibaba adalah pengecer online terbesar di Cina. Kemampuannya dalam membaca peluang membuat Jack Ma terus mengembangkan usahanya.

Dari kesuksesan Jack Ma, terlihat betapa ia sosok yang gigih dalam perjuangan. Maka tak heran jika ia sering membawakan sesi motivasi dengan banyak kata-kata mutiara yang memotivasi banyak orang.

Nah, berikut ini adalah daftar kata kata motivasi dari Jack Ma yang pastinya akan membuat kamu semakin semangat dalam menjalani hidup terutama yang menjalankan bisnis.

Baca juga: 10 Quotes Menyentuh BTS dari Film Dokumenter Break The Silence, Bikin ARMY

1. “Jika pelanggan mencintaimu, pemerintah seharusnya mencintaimu.”

2. “Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan Anda ingin menangkap satu, fokuslah hanya pada satu”

3. “Jika Anda ingin berkembang, carilah peluang yang bagus. Hari ini, jika Anda ingin menjadi perusahaan yang baik, pikirkan masalah sosial yang dapat Anda berikan solusi.”

4. “Hari ini kejam. Besok akan lebih kejam. Tapi besok lusa, hari itu akan indah. Kebanyakan orang meninggal pada ‘besok malam’, dan tidak mendapat kesempatan untuk melihat matahari terbit.”

5. “Kami akan berhasil karena kami masih muda dan kami tidak akan, tidak akan menyerah.”

6. “Anda harus belajar dari pesaing Anda, tetapi jangan pernah hanya meniru. Salin dan selesai.”

7. “Tidak masalah jika saya gagal. Setidaknya saya telah memberikan konsep itu kepada orang lain. Bahkan jika saya tidak berhasil, orang lain akan melakukannya.”

8. “Jika kita adalah tim yang bagus dan tahu apa yang ingin kita lakukan, hanya satu dari kita yang bisa mengalahkan sepuluh pesaing kita.”

9. “Jika kita pergi bekerja jam delapan pagi dan pulang jam lima sore, kita bukan perusahaan teknologi, dan Alibaba tidak akan pernah sukses. Jika kita memiliki semangat 8-5 itu, lebih baik kita melakukan sesuatu yang lain.”

10. “Sekali dalam hidup Anda, cobalah untuk bekerja keras pada sesuatu. Coba ganti. Tidak ada hal buruk yang bisa terjadi.”

(Foto: freepik / coolvector)

11. “Saya mencoba membuat diri saya bahagia, karena saya tahu bahwa jika saya tidak bahagia, rekan-rekan saya tidak senang dan pemegang saham saya tidak senang dan pelanggan saya tidak senang.”

13. “Kami akan berhasil karena kami masih muda dan kami tidak akan, tidak akan pernah menyerah.”

14. “Jika kita ingin sukses, meski melihat beberapa peluang sekaligus, tetaplah fokus pada satu tujuan. Jika kita serakah dan menginginkan segalanya, kita bahkan mungkin tidak mendapatkan apa-apa.”

15. “Bantulah kaum muda. Bantu rakyat kecil. Karena orang kecil akan menjadi besar. Orang-orang muda akan memiliki benih-benih yang Anda kubur dalam pikiran mereka, dan ketika mereka dewasa, mereka akan mengubah dunia.”

16. “Ketika kita punya uang, kita mulai membuat kesalahan.”

17. “Kita seharusnya tidak pernah menyelesaikan program 20 tahun, dalam dua tahun.”

18. Jangan pernah berbisnis dengan pemerintah. Jatuh cinta dengan mereka, tetapi jangan pernah menikahi mereka.”

19. “Tidak peduli betapa sulitnya mengejar, kamu harus selalu memiliki mimpi yang kamu lihat di hari pertama. Itu akan membuat Anda tetap termotivasi dan menyelamatkan Anda (dari pikiran yang lemah).

20. “Saya bukan teknisi. Saya melihat teknologi dengan mata pelanggan saya, mata orang normal. ”

Baca juga: 25 Amsal Quraish Shihab yang Bijaksana dan Keren

40 Kata Mutiara Jack Ma Yang Bikin Semangat

(Foto: freepik / bunditinay)

21. “Peluang terletak di mana keluhan berada.”

22. “Jika Anda tidak menyerah, Anda masih memiliki kesempatan. Menyerah adalah kegagalan terbesar.”

23. “Daripada belajar dari kesuksesan orang lain, belajarlah dari kegagalan mereka.”

24. “Hidup ini sangat singkat, sangat indah. Jangan terlalu serius dalam bekerja. Menikmati hidup.”

25. “Anda tidak pernah tahu bahwa hal-hal yang Anda lakukan sangat berarti bagi masyarakat”

26. “Jika Anda belum pernah mencobanya, bagaimana Anda tahu jika ada kesempatan?”

27. “Ketika Anda masih kecil, Anda harus sangat fokus dan mengandalkan otak Anda, bukan kekuatan Anda.”

28. “Ketika orang menolakmu, belajarlah untuk menghangatkan tangan kananmu dengan tangan kirimu.”

29. “Kamu masih muda, nikmati pertunjukannya!”

30. “Ketika Anda masih muda, buatlah kesalahan. Jangan khawatir.”

40 Kata Mutiara Jack Ma Yang Bikin Semangat

(Foto: freepik/jcomp)

31. “Saat ini, menghasilkan uang sangat sederhana. Tetapi menghasilkan uang yang berkelanjutan sambil bertanggung jawab kepada masyarakat dan memperbaiki dunia, sangat sulit.”

32. “Seorang pemimpin harus memiliki keberanian dan keuletan yang lebih besar, dan mampu menanggung apa yang tidak dapat dilakukan karyawannya.”

33. “Jika kami adalah tim yang bagus dan tahu apa yang ingin kami lakukan, salah satu dari kami bisa mengalahkan sepuluh dari mereka.”

34. “Jika Anda tidak melakukannya, tidak akan terjadi apa-apa.”

35.” Hanya orang bodoh yang menggunakan mulut mereka untuk berbicara. Orang pintar menggunakan otaknya, dan orang bijak menggunakan hatinya.”

36. “Hal terpenting yang harus Anda miliki adalah kesabaran.”

37. “Anda membutuhkan orang yang tepat bersama Anda, bukan orang terbaik.”

38. “Kami menghargai hari kemarin, tetapi kami mencari hari esok yang lebih baik.”

39. “Kami tidak pernah kehabisan uang. Kami kehabisan beberapa orang dengan impian mereka, beberapa orang yang ingin mati demi impian mereka.”

40. “Saya tidak ingin orang berkantong tebal tetapi berpikiran dangkal.”

Ternyata banyak kata-kata dari Jack Ma yang tentunya akan membantu Anda menjadi orang yang lebih semangat dalam menjalani hidup, terutama yang sedang mencicipi dunia bisnis.