30 Kata Penyemangat Bung Karno yang Paling Terkenal

Salah satu tokoh nasional yang masih begitu terkenal hingga saat ini adalah Soekarno. Hingga kini, masih banyak orang yang mengagumi sosok presiden pertama Indonesia itu.

Sosoknya yang berwibawa dan mampu membawa kemerdekaan bagi Indonesia membuatnya menjadi pahlawan sejarah.

Ir. Soekarno atau biasa disapa Bung Karno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Orang tuanya adalah Raden Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rai.

Ayahnya adalah seorang guru. Menurut catatan sejarah, Soekarno menghabiskan sebagian besar masa kecilnya bersama kakeknya Raden Hardjokromo di Tulung Agung.

Ayahnya pernah memasukkan Soekarno ke Eerste Inlandse School. Pada tahun 1911, Soekarno pindah ke Europeesche Lagere School (ELS).

Setelah lulus pada tahun 1915, Soekarno melanjutkan pendidikannya di HBS. Di sana ia bertemu banyak pemimpin Sarekat Islam. Disinilah rasa nasionalisme mulai tumbuh.

Pada tahun berikutnya, Soekarno mulai aktif dalam kegiatan organisasi Pemdua yaitu Tri Koro Darmo. Setelah lulus dari HBS, Soekarno melanjutkan ke Technische Hoge School yang sekarang menjadi ITB dan mengambil jurusan teknik sipil.

Semasa kuliah, Soekarno mendirikan Algemene Study Club yang menjadi cikal bakal Partai Nasional Indonesia.

Pada bulan Desember 1929, Soekarno ditangkap dan dipenjarakan karena kegiatannya di PNI. Dalam fase ini, Soekarno membuat pembelaan terkenal yang sampai sekarang, yaitu Indonesia menggugat.

Ia dibebaskan pada tahun 1931. Namun karena aktivitas politiknya, Sukarno ditangkap lagi dan diasingkan ke Flores.

Semangat Bung Karno masih membara. Hingga akhirnya pada tahun 1942 ia benar-benar bebas setelah Belanda meninggalkan Indonesia dan Jepang berhasil menduduki Indonesia.

Ia akhirnya bersama dengan tokoh-tokoh bangsa lainnya mulai bekerjasama dengan pemerintah Jepang untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Soekarno juga menjadi tokoh berpengaruh dalam merumuskan Pancasila, dasar pemerintahan Indonesia, termasuk merumuskan teks proklamasi. Kecerdasan dan semangatnya membuat karakter ini begitu dikenal banyak orang.

Bahkan hingga saat ini, kata-kata dari kata-katanya yang menggelora masih dikenang banyak orang. Seperti kata-kata penyemangat dari Bung Karno berikut ini. Tentunya dapat membantu generasi muda mendapatkan semangat nasionalisme.

Baca juga: 20 Kata Bijak Bung Hatta Yang Bikin Semangat Hidup

1. “Belajar tanpa berpikir tidak ada gunanya, tetapi berpikir tanpa belajar sangat berbahaya!”

2. “Barangsiapa yang menginginkan mutiara, harus berani menceburkan diri ke laut yang dalam.”

3. “Gantungkan mimpimu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika kamu jatuh, kamu akan jatuh di antara bintang-bintang.”

4. “Seribu orang tua hanya bisa bermimpi, tetapi seorang pemuda dapat mengubah dunia!”

5. “Beri saya 1.000 orang tua, saya pasti akan mencabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, aku pasti akan mengguncang dunia.”

6. “Bebek berjalan dalam kawanan, tetapi elang terbang sendiri.”

7. “Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari hati, maka seluruh alam semesta akan bekerja sama untuk mewujudkannya.”

8. “Mawar tidak pernah menyebarkan aromanya, tetapi aromanya sendiri menyebar ke sekeliling.”

9. “Saya lebih suka lukisan lautan yang ombaknya menggelora daripada lukisan sawah yang tenang dan damai”

10. “Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tetapi mampu menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian!”

(Foto: freepik/jcomp)

11. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

12. “Di mana ada perbudakan, tidak ada kebebasan; dan di mana ada kebebasan, tidak ada perbudakan.”

13. “Suatu bangsa yang tidak percaya pada kekuatannya sendiri sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai bangsa yang merdeka.”

14. “Jika Tuhan memberi saya dua kehidupan, misalnya, saya juga akan mendedikasikan dua kehidupan ini untuk tanah air dan bangsa saya.”

15. “Kita belum hidup dalam terang bulan purnama, kita masih hidup dalam masa transisi. Jadi buat elang tetap bersemangat.”

16. “Bangun dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan.”

17. “Jangan melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa lalu sangat berguna sebagai gelas bengal masa depan. ”

18. “Perjuangan membawa kesulitan. Perjuangan besar tidak hanya membutuhkan pengalaman tetapi juga keberanian.”

19. “Tulislah tentang saya dengan tinta hitam atau putih Anda. Biarkan sejarah membaca dan menjawab.”

20. “Jangan pernah melupakan sejarah. Itu akan menciptakan dan mengubah siapa kita.”

Baca juga: 15 Kritik Fadli Zon yang Viral dan Terkenal

30 kata-kata penyemangat Bung Karno yang paling terkenal

(Foto: freepik / master1305)

21. “Hidup bukan tentang ‘Saya bisa’, ini tentang ‘Saya mencoba’. Jangan berpikir tentang kegagalan, itu adalah pelajaran.”

22 “Pengalaman adalah guru, pembimbing, kemudi yang sangat berharga. Pengalaman yang tidak diindahkan akan menjatuhkan kita.”

23. “Sebelum Anda mengeluh tentang tidak memiliki apa-apa, pikirkan tentang seseorang yang mengemis di jalan.”

24. “Jangan pernah merasa bahwa cinta yang kamu rasakan membuatmu menderita, sesungguhnya Tuhan memberikan cinta di hatimu adalah sebuah anugerah dan kamu harus mensyukurinya.”

25. “Jika wanita itu baik, maka negara akan berhasil. Tapi jika wanita itu jahat, maka negara akan runtuh. “

26. “Kemerdekaan hanya dapat diperoleh dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya membara dengan tekad ‘Bebas, merdeka atau mati’!”

27. “Manusia tidak dapat mengabdi kepada Tuhan dengan tidak melayani sesamanya. Tuhan bersemayam di gubuk orang miskin.”

28. “Dari sudut pandang positif, kita tidak dapat mengembangkan budaya kepribadian kita dengan sebaik-baiknya tanpa rasa kebangsaan yang sehat.”

29. “Bila dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat kebaikan, maka jaminan bagi orang itu tidak akan menemuinya dengan kemajuan selangkah pun”

30. “Bangsa yang bekerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa buruh. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita”

Ternyata semangat Bung Karno itu sangat tercermin dari kata-kata penyemangat yang sering didengungkannya. Harapannya, semangat ini dapat menyebar ke seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda saat ini.