25 Kata Mutiara Quraish Shihab yang Bijaksana nan Menyejukkan

Muhammad Quarish Shihab atau biasa dikenal dengan Quraish Shihab merupakan salah satu tokoh masyarakat yang dikenal oleh masyarakat luas.

Beliau adalah seorang ustadz yang mengedepankan ilmu agama. Tak hanya itu, ia juga aktif sebagai penulis buku.

Salah satu kitab yang diproduksi dan cukup terkenal adalah kitab haji bersama Quraish Shihab. Pria kelahiran Sulawesi Selatan 16 Februari 1944 ini merupakan seorang sarjana muslim dalam ilmu Al-Qur’an. Ia juga pernah menjadi Menteri Agama dalam kabinet pembangunan VII tahun 1998.

Ayahnya, Abdurrahman Shibab juga seorang ulama dan profesor di bidang tafsir. Gus Dur juga dipandang sebagai pengusaha, politikus dan ulama yang memiliki reputasi baik di masyarakat Sulawesi Selatan. Ini juga ternyata sampai ke Quraish Shihab.

Maka tak heran ia dikenal sebagai penulis dan dosen yang hebat. Ia juga memiliki latar belakang keilmuan yang baik.

Selain itu, ia juga mampu menyampaikan ide dan pendapat. Bahasa yang digunakan juga sederhana dan lugas. Pemikirannya cenderung moderat.

Salah satu kemampuannya yang membuatnya terkenal adalah kemampuannya dalam menyampaikan dan menerjemahkan pesan Al-Qur’an.

Seringkali kita mendengarkan hadits-hadits yang juga berfungsi untuk menegaskan atau menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an. Selain itu, hadits juga membantu kita untuk memahami lebih dalam tentang apa yang diajarkan Al-Qur’an.

Inilah yang dibawakan Quraish Shihab dalam semua kata-kata mutiara yang dibuatnya. Dia menyampaikan pesan dalam konteks kontemporer. Inilah salah satu kelebihannya sehingga lebih dikenal dari para ahli lainnya.

Dalam menafsirkan, ia lebih banyak menggunakan metode tafsir tematik atau tafsir maudu’i. Banyak anak muda yang senang dengan kata-kata yang dibuatnya. Maka tak heran banyak yang mengikutinya melalui buku dan platform digital seperti Youtube.

Bagi anda yang sedang bingung dan mungkin membutuhkan semangat dan motivasi, ada baiknya mencoba membaca sederet kata mutiara dari beliau.

Selain bijak, perkataannya juga bisa membuat Anda lebih semangat dalam menjalani hidup. Berikut adalah rangkaian kata-kata mutiara dari Quraish Shihab yang sangat bagus dan bijak.

Baca Juga: 10 Ayat Al Quran Bahas Puasa, Jadi Tambah Kestabilan Menjalani Ramadhan

1. “Waktu sering disalahgunakan dengan menuduhnya ‘tidak ada’ padahal sebenarnya dia ada, hanya saja kita tidak ingin bertemu dengannya.”

2. “Jika saya marah pada seorang anak, saya tidak akan mengutuknya, saya hanya mengatakan semoga Tuhan memberinya hidayah.”

3. “Kita bersaudara, tidak perlu saling stres. Surga terlalu luas sehingga tidak perlu memonopoli surga hanya untuk dirimu sendiri.”

4. “Keistimewaan Al-Qur’an setidaknya tiga aspek, yaitu keakuratan dan keindahan editorialnya, petunjuk ilmiahnya, dan wahyu dari hal-hal gaib masa lalu dan masa depan yang akan diungkapkannya.”

5. “Sifat kikir akan membawa seseorang kepada kehancuran.”

6. “Hidup akan terus berlanjut baik kamu tertawa atau menangis, jadi jangan buat hidupmu penuh dengan kesedihan yang tidak berguna.”

7. “Dalam tinjauan kebangsaan dan kewarganegaraan negara, tidak ada istilah mayoritas dan minoritas. Karena semuanya sama dalam kebangsaan dan melebur menjadi satu kebangsaan yang sama.”

8. “Masalah umat Islam saat ini adalah masalah kebodohan, banyak yang pintar dan yang lain kafir. Meskipun ini adalah pandangan yang salah. ”

9. “Mencintai dunia itu wajar, asalkan tidak membuat kita durhaka kepada Tuhan.”

10. “Jangan memilih pemimpin yang bergairah tentang kekuasaan.”

(Foto: freepik / freepik)

11. “Jika Anda berusia di atas 50 tahun dan sakit, itu normal. Tetapi jika Anda berusia di atas 50 tahun dan masih dalam keadaan sehat, itu disebut anugerah.”

12. “Dunia dan segala isinya tidak akan cocok dengan cinta seorang ibu, seorang ibu lebih besar, seorang ibu lebih cantik, seorang ibu lebih kuat, seorang ibu adalah sumber kebajikan.”

13. “Satu hal yang sangat buruk, jika seseorang berhenti di suatu tempat di mana dia masih bisa melanjutkan.”

14. “Hidup akan terus berjalan apakah kamu tertawa atau menangis, jadi jangan buat hidupmu penuh dengan kesedihan yang tidak berguna.”

15. “Pertolongan yang didambakan Tuhan akan datang melalui kerja sama antar manusia. Allah membimbing setiap makhluk untuk memiliki apa yang mereka butuhkan untuk memenuhi kebutuhannya.”

16. “Oleh karena itu, jangan merasa sedih atas segala sesuatu yang terjadi padamu, karena semuanya atas izin Allah.”

17. “Hati itu berkelompok, jika hati yang berkenalan maka langsung cocok, yang tidak, akan berjauhan.”

18. “Jangan terlalu banyak mengeluh karena hanya akan menambah kegelisahan.”

19. “Tidak ada yang mendapat penghasilan lebih baik dari jerih payah tangannya sendiri.”

20. “Membuat diri Anda sibuk dalam pekerjaan akan menyelamatkan Anda dari tiga masalah; yaitu kebosanan, kehinaan, dan kemiskinan.”

Baca juga: Kumpulan 30 Hadits Tentang Puasa yang Menyejukkan Hati

25 Amsal Quraish Shihab yang Bijaksana dan Keren

(Foto: freepik / freepik)

21. “Bebas, maafkan dan serahkan urusan manusia kepada Tuhan karena Anda, mereka, dan kita semua, semuanya akan terserah pada-Nya.”

22. “Keberuntungan terkadang memainkan perannya dalam kehidupan manusia, meskipun seringkali tidak masuk akal. Karena itulah takdir mereka.”

23. “Hidup akan terus berlanjut apakah kamu tertawa atau menangis, jadi jangan buat hidupmu penuh dengan kesedihan yang tidak berguna.”

24. “Jangan selalu melihat ke belakang karena ada masa lalu yang menghantuimu.”

25. “Mungkin keterlambatanmu dari sebuah perjalanan adalah keselamatanmu. Mungkin penundaan pernikahan Anda adalah berkah. Mungkin dipecat dari pekerjaan Anda adalah keuntungan.”

Itulah sederet kata mutiara dari Quraish Shihab. Kata ini bisa menjadi penguat ketika dalam kondisi buruk dan membutuhkan penyemangat. Tentunya diimbangi dengan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai pedoman utama bagi umat Islam.