25 Kata-kata Bijak Menginspirasi dari Nelson Mandela

Seseorang pasti bisa menjadi orang yang bijaksana. Itu semua tergantung pada bagaimana Anda menjalani hidup Anda.

Jadi bisa dikatakan bahwa kebijaksanaan seseorang dapat dibentuk dan dibuat mulai dari sekarang. Ada beberapa cara yang dapat membantu Anda menjadi orang yang lebih bijaksana.

Yang pertama adalah berpikir dengan benar sebelum berbicara. Pasti Anda sudah sering mendengar prinsip bahwa Anda harus berpikir sebelum berbicara.

Faktanya masih ada orang yang tidak menerapkan kata tersebut. Banyak orang bertindak sewenang-wenang dan berbicara tidak sesuai dengan fakta.

Untuk menjadi orang bijak, Anda tidak harus bermain dengan kata-kata. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat mengeluarkan kata-kata dari mulut Anda.

Jangan membicarakan hal-hal yang tidak Anda kuasai. Ini bisa menjadi bumerang bagi Anda. Jadi, pikirkan lagi apa yang ingin Anda katakan ketika Anda menjadi orang bijak.

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan agar menjadi orang yang bijak adalah jangan menunda-nunda. Masa depan tidak menunggu waktu.

Jadi ubahlah mindset bahwa sukses itu harus menunggu waktu yang tepat. Jika Anda ingin terus berusaha, Anda akan menghasilkan sesuatu setiap saat.

Jangan pernah menunggu waktu untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Ingatlah bahwa tidak ada waktu yang tepat. Anda harus menjadikan waktu itu sebagai waktu yang tepat untuk meraih kesuksesan. Orang yang suka menunda-nunda bukanlah cerminan orang sukses dan bijaksana.

Terakhir, Anda tidak boleh egois jika ingin menjadi orang yang bijak. Menjadi egois bukanlah pilihan yang bijak. Jadi jika Anda memiliki sifat seperti ini Anda harus pergi.

Pikirkan tentang lingkungan Anda dan jangan egois dengan diri sendiri. Ini tidak akan membuat Anda menjadi orang yang bijaksana.

Salah satu tokoh paling bijaksana di dunia adalah Nelson Mandela. Ia merupakan sosok perlawanan terhadap sistem segregasi rasial yang diterapkan oleh Pemerintah Afrika Selatan.

Nelson Mandela meninggal pada 5 Desember 2013. Selama bertahun-tahun ia menghabiskan waktu di penjara dan memperjuangkan hak-hak warga kulit hitam.

Semua perjuangannya terbayar ketika dia menjadi presiden kulit hitam Afrika Selatan dari tahun 1994 hingga 1999. Dia dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1993 dan menjadi simbol perdamaian dunia. Nah, itulah kata kata bijak dari Nelsom Mandela berikut ini.

Baca juga: 30 Kata Bermasalah dari Novel yang Dirangkai Indah

1. “Menjadi bebas bukan berarti membuang satu rantai. Tapi untuk hidup saling menghormati dan meningkatkan kebebasan orang lain.”

2. “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia.”

3. “Benci itu seperti meminum racun dan berharap musuhmu terbunuh.”

4. “Setelah mendaki sebuah bukit yang besar, orang hanya akan menemukan bahwa masih banyak bukit yang harus didaki.”

5. “Kemuliaan terbesar dalam hidup bukan terletak pada keberhasilan kita tidak jatuh, tetapi bangkit setiap kali kita jatuh.”

6. “Pimpin dari belakang dan biarkan orang lain percaya bahwa mereka ada di depan.”

7. “Bahasa apa pun bisa menjadi kendaraan untuk penghinaan dan penindasan rasis, tetapi juga bisa menjadi pembawa harapan dan pembebasan.”

8. “Sepertinya selalu tidak mungkin sampai selesai.”

9. “Kunci untuk menjadi bahagia adalah menjalani hidup seolah-olah tidak ada yang melihat, dan mengekspresikan diri seolah-olah semua orang mendengarkan.”

10. “Adalah bijaksana untuk membujuk orang untuk melakukan sesuatu dan membuat mereka berpikir itu adalah ide mereka sendiri.”

11. “Saya belajar bahwa keberanian bukanlah ketiadaan rasa takut, tetapi kemenangan atasnya. Seorang pemberani bukanlah orang yang tidak merasa takut, tetapi orang yang berhasil menghadapi ketakutannya.”

12. “Jangan nilai saya dari kesuksesan, tapi nilailah saya dari seberapa sering saya jatuh dan bangkit kembali.”

Baca juga: 30 Kata Kata Motivasi Lucu Yang Bikin Tertawa

(foto: freepik/lifeforstock)

13. “Yang penting dalam hidup bukanlah fakta bahwa kita telah hidup. Perbedaan yang kita buat untuk kehidupan orang lainlah yang akan menentukan signifikansi kehidupan yang kita jalani.”

14. “Keberhasilan anak akan membuat hidup orang tua terasa lebih berharga dan manis.”

15. “Hati yang baik dan kepala yang baik akan selalu menjadi kombinasi yang hebat.”

16. “Jika Anda ingin berdamai dengan musuh Anda, Anda harus bekerja dengannya. Dia juga akan menjadi pasanganmu.”

17. “Orang harus belajar membenci dan jika mereka bisa belajar membenci, mereka bisa diajari untuk mencintai.”

18. “Setiap orang dapat berdiri di atas situasi mereka dan menemukan kesuksesan jika mereka berdedikasi dan bersemangat tentang apa yang mereka lakukan.”

19. “Orang pemberani bukanlah orang yang tidak merasa takut, tetapi orang yang mengatasi rasa takut itu.”

20. “Kunci untuk menjadi bahagia adalah menjalani hidup seolah-olah tidak ada yang melihat, dan mengekspresikan diri seolah-olah semua orang mendengarkan.”

21. “Memiliki teman yang berpikiran terbuka akan mengundang Anda untuk memecahkan masalah dari perspektif yang berbeda.”

22. “Gunakan waktumu dengan sebijak mungkin, maka pastikan setiap waktu selalu siap untuk berbuat benar.”

23. “Semoga semua pilihan mencerminkan harapan Anda, bukan ketakutan yang sebenarnya.”

24. “Ketamakan dan kekuasaan akan mengubah seorang saudara menjadi musuh bagi saudara-saudaranya.”

25. “Uang tidak bisa memberi Anda kesuksesan, kebebasanlah yang dapat mewujudkannya.”

Itulah kata-kata bijak dari Nelson Mandela yang sangat menginspirasi. Rangkaian kata ini dapat membantu Anda menjadi orang yang bijak.