15 Kata Kritikan Fadli Zon yang Viral dan Terkenal

Pada dasarnya kritik seseorang pasti akan banyak manfaatnya. Misalnya, dapat memperbaiki kesalahan dan kekurangan.

Sifat manusia yang mudah mengkritik dan menghakimi orang lain. Namun akan sulit jika kritik tersebut disampaikan oleh orang lain kepada kita.

Jika itu terjadi sebaiknya Anda menerimanya dengan baik karena kritik akan bermanfaat dan juga membangun kami. Dengan kritik, seseorang dapat memperbaiki kesalahan yang dibuat.

Selain itu, kritik dapat memperbaiki kekurangan yang ada dalam diri kita sehingga kita dapat memiliki kualitas hidup yang jauh lebih baik.

Menerima kritik dari orang lain juga membantu kita dalam mencari solusi. Ketika dikritik, Anda akan tahu apa yang salah.

Beberapa orang bahkan dapat membuat perubahan besar setelah menerima kritik. Tentunya ketika menerima kritik, seseorang akan melakukan hal-hal baru yang lebih bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Hal berikutnya di sisi baik kritik adalah membantu memahami diri sendiri. Dengan menerima kritik, seseorang akan belajar lebih banyak untuk memahami dirinya sendiri. Seseorang akan lebih memikirkan apa yang dilakukan dengan lebih hati-hati dalam bertindak.

Sayangnya, kritik terkadang tidak tersampaikan dengan baik dan tepat. Beberapa kali kritikan itu bahkan dianggap ingin menyerang dan tidak membangun sama sekali. Memang, kritik tetap harus disampaikan dengan cara yang tepat dan jelas. Misalnya, harus memberikan solusi.

Salah satu tokoh yang kontroversial dengan kritiknya adalah Fadli Zon. Anggota DPR RI ini kerap melontarkan kritik kepada siapa saja.

Tak jarang kritik terhadap pria kelahiran 1 Juni 1971 ini juga ditentang oleh publik. Banyak faktor yang membuat kritik Fadli Zon kerap dicap negatif.

Pertama, karena mereka sering menggunakan bahasa yang menghujat dan tidak melihat konteks. Tak jarang banyak politisi dan tokoh masyarakat yang menentang dan mempertanyakan kritikan mantan Wakil Ketua DPR-RI periode 2014-2019 tersebut. Beberapa kritik viralnya ditujukan kepada Presiden Joko Widodo dan pemerintahannya.

Nah, berikut sederet kritik Fadli Zon yang cukup viral dan terkenal. Tidak hanya kepada pemerintah pusat, kritik juga ditujukan kepada tokoh atau pejabat daerah. Berikut daftarnya.

Baca juga: 50 Kata Bijak Buya Hamka yang Menyejukkan & Menenangkan Hati

1. “Gubernur @ganjarpranowo tidak boleh mengambil alih pekerjaan juru parkir dan petugas terkait seperti polisi lalu lintas dan Dishub”

2. “Ini adalah contoh nyata betapa lemahnya koordinasi antar instansi pemerintah. Apakah ini bagian dari April Mop?”

3. “Bahkan jika pemerintah bersikeras mengadakan pelatihan, karena materi pelatihan dianggap penting, apakah masuk akal biaya pelatihan online menghabiskan anggaran hingga Rp. 5,6 triliun? Jangan lupa, uang sebanyak itu habis hanya untuk membeli video tutorial. Ini tidak masuk akal.”

4. “Sejak awal, pemerintah pusat percaya bahwa virus corona tidak akan masuk ke Indonesia, kan? Sulit untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf. Sibuk membela argumen yang salah meskipun itu menunjukkan lebih banyak ketidakmampuan.”

5. “Jadi, jika demokrasi gagal ditegakkan, hukum gagal diadopsi, dan sekarang ekonomi juga semakin kacau, maka rezim ini layak disebut rezim gagal,”

6. Mau tidak mau saya mendengar pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang meriwayatkan peluncuran global bond atau surat utang global dengan nada penuh kebanggaan.

7. “Kesalahan ini brutal. Batas toleransi kesalahan maksimum dalam sistem TI adalah 0,1. Kami menemukan hingga 15,4 persen,”

8. “Sayangnya, di tengah ancaman resesi global, dalam dua minggu terakhir wacana dominan yang diangkat oleh Pemerintah adalah tentang radikalisme, dan bukan tentang ekonomi”

9. “Kapten ini tidak tahu. Pada akhirnya, dia berkeliaran di laut dan kehabisan bahan bakar. Kapal bisa tenggelam. Pulau tujuan yang ingin dicapai juga tidak tercapai”

10. “Hanya lipstik, hanya pajangan. Kami ingin melihat kinerja orang dari segi kemampuan, bukan melihat usia, seharusnya,”

Baca juga: 20 Quotes Motivasi dari Lagu Boyband BTS

(Foto: freepik / freepik)

11. Mau cetak sawah gimana, kalau anggaran sudah dipotong? Kalau Paddy Print dianggap penting, kenapa anggarannya kemarin dipotong? Ini tidak konsisten dan tidak terkoordinasi.”

12. “Bahkan ada yang mengatakan bahwa program ini bukan pelatihan digital tetapi “perampokan digital. Intinya, implementasi program ini cacat dan meleset dari tujuan”

13. “Para ekonom buku teks memiliki resep yang sama dan terkadang mengikuti apa yang dilakukan master mereka,”

14.“Mengapa menjadi masalah, kritik adalah vitamin bagi demokrasi. Sebaliknya, kritik rasional dan proporsional harus dilakukan untuk koreksi dan introspeksi. Tidak bisakah Anda mengkritik jika itu sudah menjadi koalisi?”

15. “Dalam situasi ekonomi yang kacau dan virus corona, ibu kota baru bukanlah prioritas. Bukan prioritas sama sekali. Serahkan saja urusan ibu kota baru kepada Presiden baru pada 2024. Sekarang penuhi banyak janji kampanye 2019.”

Memang penyampaian kritik harus diperhatikan dengan matang agar tepat sasaran dan dipahami oleh semua orang. Namun kritikan Fadli Zon ini memang begitu viral dan menimbulkan kontroversi.